Jumat, 30 Maret 2012

Lambung, Borok

Kerusakan yang jelas pada dinding lambung, juga pada selaput lendir, kadang juga pada lapisan yang lebih dalam. Ulcus pepticum ialah kerusakan dinding yang demikian itu pada tempat dimana dinding bersinggungan dengan getah lambung peptis yang mengandung asam garam.
Pada galibnya borok semacam itu timbul pada ujung permulaan usus dua belas jari. Ulcus pepticum lebih sering tampak pada 5-10% penduduk dengan pola kebdayaan barat, kebanyakan pada laki-laki berumur 30-50 tahun, sering bahkan arab.
Keluhan utama adalah sakit, sering waktu malam, rasa melilit, meremas, lemas, sering memencar kebelakang dan kedada. sakit berkurang dengan pengobatan yang mengandung zat alkali dan susu hangat. keluhan lain adalah rasa kembung pada daerah perut, rasa seperti lambung terbakar, mual, ketakutan untuk menyuap makanan, dan sembelit yang kronis. pengobatan kuno berupa diet makanan dan pengobatan yang mengandung zat alkali serta istirahat. setelah sembuh sering kambuh dan timbul borok lambung baru jika terlalu sering, maka oprasi berupa pemotongan sebagian besar lambung tidak bisa dihindarkan. komplikasi borok lambung dapat berupa pendarahan lambung (*lambung,pendarahan), perforasi lambung(*lambung,perforasi) atau pembentukan bekas luka yang dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar